SID Kawinkan Punk Rock dengan Orkestra

JAKARTA, KOMPAS.com — Grup punk rock asal Bali, Superman Is Dead (SID), akan mengawinkan musik mereka dengan musik orkestra modern untuk album selanjutnya, yang dijadwalkan akan dirilis pada pertengahan 2011.
Untuk menggarap album dengan konsep itu, Bobby Kool (vokal dan gitar), Eka Rock (bas), dan JRX atau Jerinx (drum) tak memilih rekaman secara live. "Kami masih memakai track, soalnya ada beberapa lagu yang akan kami bikin megah seperti orkestra," kata Bobby.
Menurut Bobby, unsur-unsur bunyi dalam musik punk rock SID tidak akan bertabrakan dengan unsur-unsur bunyi dalam musik orkestra modern yang akan mengawal lagu-lagu mereka.
Sebuah calon single andalan mulai disiapkan oleh SID. "Judulnya, 'Jadilah Legenda', tentang seseorang yang punya pengaruh besar terhadap Indonesia, bangsa ini," kata JRX.
SID menghadirkan lagu tersebut untuk memotivasi orang-orang agar melakukan pendobrakan. "Lagu itu lebih ke motivasi untuk do something yang bisa dikenang. Jadi, lagu itu mudah-mudahan bisa memotivasi orang untuk mendobrak situasi, kondisi, lalu orang mengenangnya. Itulah legenda," urai JRX.
Supaya misi tersebut mudah sampai kepada para pendengar lagu itu, SID lebih dulu melakukan observasi. "Lagu ini hasil observasi. Saya melihat, sekarang ini orang penuh keragu-raguan. Sekarang, orang yang sedikit berbeda malah dicap kebarat-baratan, liberal," ulas JRX. "Sepertinya ada paradigma di masyarakat kita yang menahan orang untuk maju. Sedikit melakukan yang berbeda, cenderung dilabeli sebagai agen liberal," lanjutnya.
Untuk album baru itu, SID juga akan bekerja sama lagi dengan vokalis lainnya, seperti yang sudah mereka lakukan bersama Heru "Shaggydog" untuk single "Jika Kami Bersama" dalam album Angels and the Outsiders! "Nanti akan ada proyek kolaborasi lagi. Nomine vokalisnya sudah ada. Malah, siapa yang bakal jadi model video clip-nya sudah kami pikirkan," kata JRX lagi, kali ini dengan berahasia.

Komentar