OutSIDers Depok

Pernahkah Anda mendengar Outsider dan Lady Rose? Ya. Komunitas ini merupakan sebutan dari fans pria dan wanita untuk band Superman Is Dead (SID). Naumun, tahukah Anda bila band ini kurang bersahabat dengan band punk Indonesia?


Dalam perjalanannya, band SID terkenal melalui jalur Indie Band. Namun seiring ketenarannya dan fans yang bertambah banyak, maka label ternama Indonesia akhirnya mengontrak band ini sejak tahun 2003. Dan menurut banyak pihak, hal itulah pemicu ketidak bersahabatannya dengan band-band punk Indonesia kepada SID.Outsider dan Lady Rose dibeberapa tempat, selalu mendapat kecaman dari komunitas punk. yang tetap berjalan di jalur Indie Label.
Depok merupakan basis terbesar punk jalanan di Indonesia. Komunitas ini bertempat di stasiun Depok Baru, terminal Depok Lama, dan sekitar Depok II. Sesuai dengan namanya, kesehariannya komunitas ini memang di habiskan di jalan. Mulai dari tidur di pelataran toko yang sudah tutup di malam hari dan memenuhi kehidupan sehari-hari dengan mengamen di jalan. Sangat dimaklumi jika komunitas ini terkesan urakan dan bar-bar.    
1 Februari 2009, Outsider dan Lady Rose Depok terbentuk.  7 anak muda yang bertemu di sebuah konser musik idolanya Mereka berkenalan. Mengetahui  sesama warga Depok, mereka memutuskan untuk mendirikan komunitas ini. Mereka mendirikan komunitas ini, agar anak-anak muda Depok yang menyukai Superman Is Dead lebih dekat dan terakomodir bila menyaksikan band idolanya manggung.
Bila dibandingkan dengan jumlah anggota komunitas band label lain, komunitas ini terbilang sedikit. Bayangkan di usianya yang menginjak ke-2 tahun komunitas ini hanya beranggotakan 30 orang. Menurut ketua Outsider Putri (21) mereka menyadari bahwa komunitas OSD Depok memang kurang berkembang dengan baik. mungkin Karena Depok merupakan basis terbesar Punk Indonesia.
Kejadian kurang mengenakan sempat di alami anggota OSD Depok. ketika tengah melintasi stasiun Depok baru, ia yang mengenakan atribut SID lalu dihadang dan sempat di ludahi oleh oknum komunitas punk jalanan. Setelah kejadian ini, komunitas OSD tidak melakukan tindakan balasan.
Outsider dan Lady rose berharap agar bisa berdamai dengan komunitas Punk Depok. Pintu damai selau terbuka, langkah awal yang dilakukan adalah dengan melakukan silaturahmi dengan dedengkot punk Depok. Agar tidak terulang tindakan yang merugikan kedua belah pihak. (Teks & Foto: Adi)

Komentar