Navicula-Green Grunge Gentlemen


Navicula
Bagi saya, ben 'bagus' itu adalah ben yang esensial. Bagi sebagaian orang, arti ben bagus akan bervarian maknanya. Padanan kata 'bagus' seolah mengerucutkan asumsi pada ranah subjektif. Namun ben bagus bagi saya juga tak berlaku lantaran sering diputar radio, rajin masuk tv, atau mendapat rating RBT yang tinggi. Kami tidak memakai gaya bahasa pasar dalam hal ini.
Untuk mencapai derajat yang dimaksud, memang tak semudah membalikkan telapak tangan – bahkan membolak-balikkan otak pun belum jaminan. Masa transisi sebagai proses pembentukan karakter. Dan lagi, nilai bagus tak sekedar musikal saja namun juga mengetahui kultur genre itu sendiri.
Sebagai negara berkembang, Indonesia tak banyak memiliki musisi/grup berkonsep orisinil. Justru sebaliknya, kita banyak mengadopsi kultur musik. Secara hakiki manusia, pengaruh memang tak bisa dipungkiri. Namun, bukan berarti harus mutlak menjiplak.
Begitupun di ranah Grunge lokal, pengadopsian kultur Seattle Sound yang kami amati di sini tak banyak menemukan progres yang signifikan. Apalagi sejak kematian misterius Kurt Cobain (Nirvana) hanya menjadi panutan mentok. Dari itu semua, NAVICULA adalah pengecualian. Ada cita rasa yang berbeda dari label Green Grunge Gentleman ini. Mulai dari musik, lirik, ideologi, live performance, mereka punya semua. Kami seperti mendapat paket istimewa. Layaknya rokok, aroma grunge pyschedelic asal pulau dewata ini terasa elektik. Atau, jangan-jangan yang kami hisap ini adalah ganja??? Whoaaa...
Navicula
Belum lama ini, Navicula yang berjemaah Robi (vokal & gitar), Danki (gitar), Made (bas), Gembull (dram) merampungkan padakarya-tama (baca: album) yang ke-6 bertajuk "Salto". Manuver jungkir balik, gerakan berputar 360 derajat dipakai sebagai titel album, merujuk pada siklus penuh Navicula yang telah koprol-kayang-centang perenang sejak 1996. Plus, hasrat menggarap album termutakhir ini nyala semangat setara gigantiknya seperti ketika menggarap album perdana.
Rentetan tur & live berkelanjutan sesudah-nya, merantau dari satu panggung ke panggung lainnya. Hingga pada titik momen kami menyudahi niatan wawancara. Kesempatan yang sudah kami tunggu sejak lama. Maka, kalian para hulubalang grunge, kini sambutlah Navicula...
Green Grunge Gentleman datang, salto, dan menang!
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Jika terdapat link free download di blog ini hanya semata review CD Album /hasil karya mereka dan bukan pembajakan.karena saya pribadi tidak memungut biaya kepada siapapun untuk blog ini. Dan untuk teman-teman yang mengunjungi blog ini, support musisi lokal kita dengan cara membeli merchandise, CD/Album original mereka :)


Kalian punya band yang terbentuk dari komunitas outSIDer? dan ingin saya posting di blog ini? kirimkan biografi dan demo lagu (jika ada)kamu ke email fakhruoutsider@gmail.com

Support our local talent!

Cheers!!